3D Max
A.
Viewport
Interpace 3ds Max terdiri dari 4 buah bidang viewport
dengan ukuran yang sama besaranya. Anda dapat berpindah antar viewport dengan
cara klik kiri pada salah satu viewport. Dan viewport yang dalam keadaan aktif
akan di beri tanda dengan warna kuning sekelilingnya.
Suatu viewport dapat di ubah dengan mengetikkan huruf
awal dari viewport yang akan digunakan/akan di tetapkan sebagai viewport aktif.
-
Sebgai
contoh ikuti langkah berikut:
a.
Tetapkan
viewport left sebgai viewport aktif
b.
Ketik
F untuk menggantikan viewport left menjadi viewport front
1.
Mengaktifkan
Word Space Tripod
Anda dapat mengaktifkan/menyembunyikan word space tripad dengan cara sebagai berikut:
Anda dapat mengaktifkan/menyembunyikan word space tripad dengan cara sebagai berikut:
a.
Pilih
menu Customize>Preferences
b.
Pada
kotak dialog preference setting pilih tab viewport
c.
Pada
bagian viewport parameters kosongkan chekbox Display
d.
Klil
Ok
2.
Mengubah
Layout
Untuk mengubah layout viewport standar yang terdiri dari 4 bagian menjadi layout baru dilakukan dengan cara berikut:
Untuk mengubah layout viewport standar yang terdiri dari 4 bagian menjadi layout baru dilakukan dengan cara berikut:
a.
Klik
kanan pada label viewport dan pilih configure
b.
Pada
kotak dialog viewport configuration, dan pilih tab layout
c.
Pilih
salah satu ppilihan yang tersedia dan klik Ok.
1.
Tab
create
Tab create digunakan untuk mengatur pembuatan objek geometri, 2D shape, lampu, kamera, dan objek lainnya, perintah-perintah pada tab create dapat anda gunakan seperti yang terlihat pada gambar 8.1
Tab create digunakan untuk mengatur pembuatan objek geometri, 2D shape, lampu, kamera, dan objek lainnya, perintah-perintah pada tab create dapat anda gunakan seperti yang terlihat pada gambar 8.1
2.
Tab
Modify
Tab Modify untuk melakukan modifikasi terhadap objek. Apabila tidak memilih objek maka panel tersebut tidak berisi perintah. Untuk melakukan modifikasi objek menggunakan objek parameter seperti yang terlihat pada gambar 1.9
Tab Modify untuk melakukan modifikasi terhadap objek. Apabila tidak memilih objek maka panel tersebut tidak berisi perintah. Untuk melakukan modifikasi objek menggunakan objek parameter seperti yang terlihat pada gambar 1.9
3.
Tab
utilities
pada panel utilities terdapat beberapa fasilitas tambahan yang digunakan untuk melkukan pengaturan/mengorganisasi objek-objek pada aplikasi 3ds Maxdengan mengguankan Asset Management, dan juga fasilitas untuk mengambil gambar dari suatu objek yang bergerak dengan menggunakan motion capture serta fasilitas-fasilitas lainnya seperti yang terlihat pada gambar 1.20
pada panel utilities terdapat beberapa fasilitas tambahan yang digunakan untuk melkukan pengaturan/mengorganisasi objek-objek pada aplikasi 3ds Maxdengan mengguankan Asset Management, dan juga fasilitas untuk mengambil gambar dari suatu objek yang bergerak dengan menggunakan motion capture serta fasilitas-fasilitas lainnya seperti yang terlihat pada gambar 1.20
4.
Tab
Hierarcy
Panel ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengaturan pada pada titik orientasi suatu objek, misalnya pengaturan terhadap terhadap titik pusat objek dan sebagainya seperti terlihat pada gambar 1.11
Panel ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengaturan pada pada titik orientasi suatu objek, misalnya pengaturan terhadap terhadap titik pusat objek dan sebagainya seperti terlihat pada gambar 1.11
5.
Tab
Motion
Panel ini merupakan fasilitas bantu yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada proses pembuatan suatu animasi objek 3ds Max seperti yang terlihat pada gambar 1.12
Panel ini merupakan fasilitas bantu yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada proses pembuatan suatu animasi objek 3ds Max seperti yang terlihat pada gambar 1.12
6.
Tab
Display
Panel ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap suatu objek terpilih yang akan ditampilkan / disembunyikan seperti yang terlihat pada gambar 1.13
Panel ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap suatu objek terpilih yang akan ditampilkan / disembunyikan seperti yang terlihat pada gambar 1.13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar