About Me

Foto saya
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
♥ Blogger.

Shifa's Playlist♥

Senin, 29 Oktober 2012

3D MAX

3D Max
A.   Viewport
Interpace 3ds Max terdiri dari 4 buah bidang viewport dengan ukuran yang sama besaranya. Anda dapat berpindah antar viewport dengan cara klik kiri pada salah satu viewport. Dan viewport yang dalam keadaan aktif akan di beri tanda dengan warna kuning sekelilingnya.
Suatu viewport dapat di ubah dengan mengetikkan huruf awal dari viewport yang akan digunakan/akan di tetapkan sebagai viewport aktif.
-          Sebgai contoh ikuti langkah berikut:
a.       Tetapkan viewport left sebgai viewport aktif
b.      Ketik F untuk menggantikan viewport left menjadi viewport front

1.    Mengaktifkan Word Space Tripod
Anda dapat mengaktifkan/menyembunyikan word space tripad dengan cara sebagai berikut:
a.       Pilih menu Customize>Preferences
b.      Pada kotak dialog preference setting pilih tab viewport
c.       Pada bagian viewport parameters kosongkan chekbox Display
d.      Klil Ok
2.    Mengubah Layout
Untuk mengubah layout viewport standar yang terdiri dari 4 bagian menjadi layout baru dilakukan dengan cara berikut:
a.       Klik kanan pada label viewport dan pilih configure
b.      Pada kotak dialog viewport configuration, dan pilih tab layout
c.       Pilih salah satu ppilihan yang tersedia dan klik Ok.

1.    Tab create
Tab create digunakan untuk mengatur pembuatan objek geometri,  2D shape, lampu, kamera, dan objek lainnya, perintah-perintah pada tab create dapat anda gunakan seperti yang terlihat pada gambar  8.1
2.    Tab Modify
Tab Modify untuk melakukan modifikasi terhadap objek. Apabila tidak memilih objek maka panel tersebut tidak berisi perintah. Untuk melakukan modifikasi objek menggunakan objek parameter seperti yang terlihat pada gambar 1.9
3.    Tab utilities
pada panel utilities terdapat beberapa fasilitas tambahan yang digunakan untuk melkukan pengaturan/mengorganisasi objek-objek pada aplikasi 3ds Maxdengan mengguankan Asset Management, dan juga fasilitas untuk mengambil gambar dari suatu objek yang bergerak dengan menggunakan motion capture serta fasilitas-fasilitas lainnya seperti yang terlihat pada gambar 1.20
4.    Tab Hierarcy
Panel ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengaturan pada pada titik orientasi suatu objek, misalnya pengaturan terhadap terhadap titik pusat objek dan sebagainya seperti terlihat pada gambar 1.11
5.    Tab Motion
Panel ini merupakan fasilitas bantu yang digunakan untuk melakukan pengaturan pada proses pembuatan suatu animasi objek 3ds Max seperti yang terlihat pada gambar 1.12
6.    Tab Display
Panel ini merupakan fasilitas yang digunakan untuk melakukan pengaturan terhadap suatu objek terpilih yang akan ditampilkan / disembunyikan  seperti yang terlihat pada gambar 1.13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar