About Me

Foto saya
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
♥ Blogger.

Shifa's Playlist♥

Senin, 29 Oktober 2012

UTS Nomor 3

3. Sebutkan dan Jelaskan komputer dari awal sampai sekarang!

Jawab:
 
·      Awal mula komputer dibentuk oleh Charles Babbage seorang profesor matematika pada tahun 1812.
·      Pada tahun 1822 Babbage mengusulkan mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil yang dinamakan Mesin Differensial
·      Komputer elektrik pertama dibuat oleh Atanasoff dan Berry di tahun 1940 namun terhenti karena kehilangan sumber dana.
·      John Presper Eckert dan John W. Mauchly merancang ENIAC, merupakan komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lebih cepat
·      Pada tahun 1945 John Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) dengan sebuah memori untuk menampung program atau data.
·      Jack Kilby seorang insinyur di Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (Integrated Circuit) di tahun 1958
·      Pada awal 1960-an bermunculan komputer generasi kedua yang sepenuhnya menggunakan transistor dan memiliki komponen seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi dan program contohnya adalah IBM 1401
·      Di tahun 1965, bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN), Industri Piranti Lunak dan berbagai macam karir mulai bermunculan yaitu Programmer, Sistem Analyst dan ahli sistem komputer.
·      Pada pertengahan 1970, komputer mulai ditawarkan kepada masyarakat umum. Komputer yang dijual adalah minikomputer yang dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan. Piranti lunak yang paling populer saat itu adalah program Word Processing dan Spreadsheet.
·      Pada awal 1980, video game seperti  Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
·      Kemajuan komputer generasi ketiga adalah para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak lagi komponen ke dalam suatu chip yang disebut semikonduktor, penggunaan sistem operasi (Operating System) dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
·      Pada tahun 1980, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
·      Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil. Dari komputer yang berada di atas meja (Desktop Computer), komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (Laptop), atau nahkan komputer genggam (Palmtop).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar