About Me

Foto saya
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
♥ Blogger.

Shifa's Playlist♥

Senin, 29 Oktober 2012

KOMPONEN SISTEM KOMPUTER PART 1: HARDWARE.

KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

A. Perangkat Keras (Hardware)
     Perangkat keras (Hardware) yaitu suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan), proses pengolahan data dan output (keluaran). Secara umum perangkat keras komputer dapat digambarkan seperi blok diagram di bawah ini : 

1. Perangkat Masukan (Input Devices)
    Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi   informasi atau keluaran. Adapun perangkat masukan terdiri dari :
    a. Mouse: Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) Sistem operasi. Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti : Dual button, Three button dan Scroll button.
    b. Keyboard: Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam  kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12,
KEYBOARD
MOUSE










2. Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU))
    Didalam proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran. CPU bisa disebut sebagai otak dari komputer, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
CPU
3.  Perangkat Keluaran (Output Devices)
     Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, adapun perangkat tersebut adalah sebagai berikut :
     a. Monitor: Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input.
     b. Printer (Alat Cetak): Peranti ini berfungsi untuk mencetak hasil proses dari masukan (Input), berupa teks atau gambar.
     c.  Speaker: Piranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
PRINTER

MONITOR
SPEAKER
 4. Media Penyimpanan Data (Storage Devices)
    Media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data atau informasi yang ada dalam komputer. Media penyimpanan data terdiri berbagai jenis antara lain :
    a. Hard Driver (Harddisk): Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas harddisk mencapai 120GB. Harga dari media ini tergolong mahal.
    b. Disket: Merupakan suatu media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700 Kb hingga 1,44 Mb.
    c.  CDROM/DVD: Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
    d. Flash disk: Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena, berukuran antara 64 Mb hingga 2 Gb = (2000 Mb).

FLASHDISK
CD/DVD ROM

DISKET

HARDDISK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar