About Me

Foto saya
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
♥ Blogger.

Shifa's Playlist♥

Senin, 29 Oktober 2012

UTS Nomor 5

5. Jelaskan cara kinerja Operating System!

Jawab:
 
     Operating System sebagai perantara antara user dengan perangkat keras komputer dikarenakan Operating System sebagai eksekutor program user dan memudahkan menyelesaikan permasalahan user. Tugasnya untuk melakukan kontrol dan koordinasi penggunaan perangkat keras pada berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda.  
     Operating System adalah program atau perangkat lunak pada susunan pertama yang tersimpan pada memori komputer (harddisk) pada saat komputer dijalankan sedangkan perangkat lunak lainnya baru dapat dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi inilah yang akan melakukan layanan inti umum untuk perangkat lunak lainnya. Layanan inti umum Operating System adalah yang dimaksudkan seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan task, dan user interface sehingga pada masing-masing perangkat lunak itu tidak diperlukan lagi melaksanakan tugas-tugas inti umum tersebut karena telah dilayani dan dilakukan oleh Operating System.  
     Dalam sebuah perangkat komputer, kernel merupakan komponen inti dari Sistem Operasi yang berjalan dalam perangkat tersebut. Kernel bertugas untuk mengatur pembagian sumber daya system komunikasi antara komponen hardware dan software. Kernel menghubungkan antara software aplikasi dan hardware komputer. Ia menyediakan abstraction layer pada level terendah untuk resource-resource seperti memori, prosesor dan perangkat I/O di mana suatu software aplikasi harus mengontrol resource-resource tersebut agar dapat berfungsi. Kernel mampu menyediakan fasilitas seperti ini bagi proses-proses aplikasi melalui mekanisme IPC (Inter Process Communication) dan System call. 
     Dalam banyak kasus, boot loader mulai mengeksekusi kernel dalam mode supervisor. Kernel kemudian menginisialiasi diri sendiri dan memulai proses pertama. Setelah itu, kernel tidak mengekseskusi secara langsung, tapi hanya merespon kepada even eksternal. Sebagai tambahan, kernel biasanya menyediakan loop yang dieksekusi ketika tidak ada proses yang tersedia untuk dijalankan; hal ini biasnya disebut idle process.Tujuan utama dari adanya kernel adalah untuk mengatur pembagian sumber daya dan program mana yang boleh mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut. Pada umumnya, sumber daya tersebut antara lain adalah CPU, memori dan Perangkat I/O.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar