About Me

Foto saya
Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
♥ Blogger.

Shifa's Playlist♥

Kamis, 11 Oktober 2012

Desktop Publishing

            Istilah lain yang populer di area komputer adalah Desktop Publishing (DTP). Pekerjaan itu menggabungkan unsur Personal Computer dan Program Page Layout untuk menghasilkan karya publikasi baik untuk diedarkan dalam skala kecil maupun skala besar. Desainer yang merancang Layout halaman menggabungkan unsur teks, gambar, foto, maupun unsur visual lainnya. Hingga saat ini nama-nama program page layout yang terkenal adalah Corel Ventura, Aldus Pagemaker1, QuarkXpress, Adobe InDesign, MS. Publisher, dan Apple Pages.
            Hasil pembuatan beberapa copy publikasi mungkin cukup dicetak dengan printer desktop, tetapi untuk produksi berskala besar, file dokumen tersebut dikirim ke perusahaan percetakan.
            Pada awalnya, istilah desktop publishing dikenal pada tahun 1985 ketika perusahaan Software Aldus meliris program pagemaker bersamaan dengan mulai dikeluarkannya produk printer laser LASERWRITER dari Apple Macintosh. Gabungan kerja sama tersebut menghasilkan desain layout yang tempilan layarnya disebut WYSIWYG dan ketika dicetak hasilnya memiliki ketajaman resolusi 300 ppi. Saat itu benar-benar merupakan resolusi, baik dibidang Personal Computer. J

Thumbnails adalah sketsa layout dalam bentuk mini. Ada abaiknya dalam membuat thumbnails anda tidak langsung menggunakan computer, tetapi cukup dengan pensil dan kertas dulu.
Thumbnails berguna tidak hanya untuk memperkirakan letak elemen-elemen layout pada suatu halaman tunggal seperti pada flier namun termasuk juga urutan dan pengaturan halaman untuk suatu karya desain publikasi yang lebih kompleks, contohnya buku atau majalah.
Kita sering menemukan kesalahan-kesalahan cetak pada suatu karya desain, misalnya: nomor halaman yang urutannya salah, huruf yang terlalu kecil dan sulit dibaca, kelebihan halaman yang membingungkan, tempat sisipan yang tidak muat dimasuki brosur, tempat sisipan kartu nama yang kelebaran, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar